ANDRI, ANDRI (2019) STRATEGI GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI MPN-2 RUNGAN DESA TUMBANG MALAHOI KECAMATAN RUNGAN KABUPATEN GUNUNG MAS. Skripsi thesis, Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya.
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
![]() |
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
|
Text
SKRIPSI 14 00 032 ANDRI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
ANDRI. 2019 Strategi Guru Agama Hindu Dalam Meningakatakan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Di SMPN-2 Rungan Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas.Skripsi fakultas Dharma Acarya program Studi Pendidikan Agama Hindu Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Pembimbing I Dr. Nyoman Sidi Astawa, S.Ag.,M.A Pembimbing II Komang Suarta,S.Ag.,M.Si Dalam dunia pendidikan, Strategi adalah salah satu cara dari seorang guru dalam memberikan motivasi. Hal ini sangatlah penting, karena secara psikologis anak akan merasa senang apabila mereka diperhatikan. Salah satu cara memberikan perhatian adalah dengan memotivasi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi kepada anak didik untuk meningkatkan aktivitas dan semangat belajar diperlukan ketrampilan dan kreativitas guru dalam menyampaikan materi yaitu dengan cara memberikan motivasi secara tepat Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:1.Bagaimana strategi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu di SMPN-2 Rungan Kecamatan Rungan Kabupaten gunung Mas? 2.Apa faktor penghambat dan penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Di SMPN-2 Rungan Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas? Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu di SMPN-2 Rungan faktor penghambat dan penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Di SMPN-2 Rungan. Teori yang digunakan adalah teori strategi, motivasi, dan belajar. Metode penelitian adalah bersifat deskriptif kualitatif dengan mengunakan teknik porposive sampling dan random sampling sebagai teknik penetuan informan teknik pengumpulan data terdiri dari atas observasi, wawancara dan dokumentasi teknis analisis oleh peneliti teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru agama Hindu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu di SMPN-2 Rungan mengunakan Strategi Ekspositori, dalam hal ini tidak lepas dari faktor penghambat dan faktor penunjang. Dalam pembelajaran tentu masih belum maksimal hal ini tidak lepas juga atas dorongan para orang tua murid dan juga siswa-siswi di SMPN-2 Rungan kreatifitas dan inovasi guru mengunakan Strategi belajar Ekspositori dan itupun cara yang mudah untuk siswa-siswi pahami dari kelas VII, VIII dan IX yang diterapakan sampai sekarang ini pengaruh pendidikan dapat dirasakan. Kata Kunci: Strategi Guru Agama Hindu Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IAHN-TP |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 02:32 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 02:32 |
URI: | http://www.digilib.iahntp.ac.id/id/eprint/24 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |